it’s about all word’s

Cranberries di Rockin’land 2011

Posted on: June 4, 2011

Pesta musik rock terbesar di Asia Tenggara Gudang Garam InterMusic Java Rockin’land 2011 kembali digelar di Pantai Karnaval Ancol, mulai 22-24 Juli dengan magnet utama band legendaris The Cranberries.

Rockin’land yang telah memasuki tahun ketiganya tersebut juga membawa Thirty Second to Mars (AS), Happy Monday (Inggris), Neon Tress (AS), Blood Red Shoes (Inggris), Franco (Filipina), dan The Dirt Radicals (Australia) serta beberapa nama lainnya.

Menurut Dewi Gontha Presiden Director Java Festival Production pemilihan The Cranberries mutlak disebabkan daya tarik nama band asal Ballybricken, Limerick, Irlandia tersebut.

“The Cranberries menjadi bintang utama bukan karena penggemarnya ada di usia tante-tante seperti Anda katakan, penggemar mereka ada hingga saat ini. Selain itu tetapi Cranberries serupa Mr Big, tampil dengan formasi lengkap,” ujarnya menjawab Bisnis.

Tidak seperti bintang Rockin’land 2010 yang menghadirkan raja post punk, The Smashing Pumpkins hanya dengan menghadirkan frontman Billy Corgan saja, sebaliknya The Cranberries tampil lengkap dengan Dolores O’Riordan, Noel Hogan, Michael Hogan dan Fergal Lawler.

Kehadiran formasi lengkap band besar, pernah dipanggungkan pada Gudang Garam InterMusic Java Rockin’land 2009. Saat itu publik pecinta cadas Tanah Air menjadi saksi pertemuan kembali Mr Big.

Saat itu di tepi Pantai Ancol, Paul Gilbert, Billy Sheehan, Eric Martin dan Pat Torpey yang terpisah selama lebih dari satu dekade berhasil bereuni.

Meski masih berorientasi dengan menghadirkan band-band raksasa, Rockin’land tahun ini yang membandrol tiket antara Rp400.000 atau Rp1,2 juta menyasar pangsa pasar atau menghimpun penonton yang lebih besar.

Jika tahun lalu Java Rockin’land berhasil mengumpulkan 47.000 penonton, dalam penyelenggaraan tahun ini, Dewi menargetkan,”Paling tidak mencapai 60.000 penonton selama tiga hari penyelenggaraan.”

Selain band dalam negeri, Eki Puradiredja selaku Program Coordinator menyatakan melibatkan band dari dalam negeri dari lingkup indie label hingga band lawas. “Yang pasti ada tiga, empat nama band lawas yang kami sertakan.”

Bocoran tembang

Kehadiran The Cranberries dengan formasi lengkap pasca reuni sangat ditunggu karena band yang resmi reuni sejak Januari 2009 itu hingga saat ini masih merahasiakan materi album baru mereka yang bertajuk Roses.

Menariknya, tajuk Roses resmi muncul hanya sehari sebelum jumpa pers Gudang Garam InterMusic Java Rockin’land 2011. Laman resmi The Cranberries memberikan pengumuman nama album terbaru tersebut pada 24 Mei.

Jadwal resmi album yang digarap di Metalworks Studios di Toronto, Kanada sejak 18 April hingga 15 Mei 2011 adalah pada musim gugur atau sekitar September mendatang, praktis penampilan di Ancol adalah harap-harap cemas menanti kejutan jelang album terbaru tersebut

Paul Dankmeyer, program director Java Festival menyatakan The Cranberries telah berjanji akan memberikan suguhan musikal yang berbeda dengan penampilan mereka sebelumnya.

Bagi penggemar musik cadas internasional, The Cranberries adalah Irish invasion gelombang kedua setelah band asal Dublin, U2 yang dibentuk Bono, The Edge, Adam Clayton dan Larry Mullen, Jr.

Menariknya sejarah mencuatnya kedua band di dunia internasional tersebut hampir serupa yaitu melalui tembang politik. Jika U2 meledak lewat Sunday Bloody Monday dari album War (1983), maka The Cranberries meledak lewat Zombie dari album No Need to Argue (1994).

Tema kedua album tersebut identik, seruan protes terhadap kekerasan yang dilakukan pihak pemilik kekuatan bersenjata di wilayah Britania Raya yang tak kunjung surut terutama di wilayah Irlandia Utara.

Sunday Bloody Monday ditulis Bono untuk memprotes aksi brutal tentara Inggris yang memberondong 26 aktivis HAM di wilayah Bogside, kota Derry, Irlandia Utara pada 30 January 1972.

Sementara Zombie ditulis Dolores O’Riordan untuk memprotes aksi kekerasan Tentara Pembebasan Irlandia Utara (IRA) yang meledakkan dua bom di daerah Warrington, Inggris pada Februari dan Maret 1993 dan menewaskan 2 anak dan melukai sejumlah orang.

Mengutip pernyataan produser album Roses, Stephen Street album terbaru The Cranberries akan mengusung sisi gelap, serupa album awal Cranberries, yang artinya mungkin akan ada lagi tembang politik selugas Zombie. Bisa jadi! Tunggu saja!

*Versi lebih pendek dimuat di Bisnis Indonesia edisi 4/6/2011

1 Response to "Cranberries di Rockin’land 2011"

Jual RUGI Tiket Java Rocking Land untuk Sabtu 23/7 (Cranberries, Cokelat, BIP dll.)

Alasan : gak jadi nonton
Harga beli : 2@352rb
Harga jual : 2@275rb atau 1@300rb nett
Harga normal panitia saat venue : 1@550rb
COD : Kemayoran, Kelapa Gading, Rawamangun, Kalimalang, Bekasi or sekalian di rumah gw.

Dijamin bisa masuk karena ini bukan jualan tiket kosong (hati2, lihat disclaimer pada paragraf ke-3 situs http://www.javarockingland.com/2011/ticketprice.php lalu COBA kontak panitia di nomor yang tertera), tetapi tiket yang udah gw beli yg pengen gue jual kembali.

Hub:
1. PM
2. YM : bandingin@yahoo.com
3. HP : 081514338152

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

June 2011
M T W T F S S
« May   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d bloggers like this: