it’s about all word’s

Scream with Helloween

Posted on: June 19, 2011

Ajang Gudang Garam InterMusic Java Rockin’land 2011 di Pantai Karnaval Ancol tahun ini dipastikan semakin panas. Setelah The Cranberries dan 30 Second To Mars bersedia untuk tampil ajang yang digelar 22-24 Juli tersebut, beberapa nama band besar seperti Good Charlotte, Loudness telah menyatakan kesediaannya untuk tampil.

Namun magnet terbesar ajang ini adalah Helloween, superband cadas beraliran speed metal asal Jerman yang memastikan diri untuk tampil sebagai penutup ajang musik cadas tersebut.

Sebelumnya Eki Puradiredja selaku Stage Manager Java Festival Production masih enggan mengungkapkan kepastian kehadiran Hellowen menyusul konfirmasi dari Good Charlote dan Loudness.

Dalam Gudang Garam InterMusic Java Rockin’land perubahan nama memang masih sangat dimungkinkan hingga sebulan sebelum acara digelar. Seperti tahun lalu, raksasa brit rock Weezer yang membatalkan kehadiran mereka.

Tahun ini, kepastian Helloween bisa dikatakan telah mencapai 100% karena pihak manajemen Helloween dalam situs resmi mereka telah memajang nama dan tanggal konser yang menjadi rangkaian tur dunia The 7 Sinners 2010/11 mereka.

Jika tak ada aral melintang maka Gudang Garam InterMusic Java Rockin’land 2011 menjadi ajang ketiga mereka menyambangi Indonesia setelah sebelumnya sempat tampil dua kali di Indonesia pada 2004 di Jakarta dan Surabaya disusul pada 2008 di Jakarta.

Selain itu, seperti dikutip di situs resmi Helloween akan disertakan band tamu pengiring mereka, Stratovarius, band Finlandia beraliran power metal dan neo-klasik metal yang dibentuk sejak 1981 di Helsinki.

Jika Stratovarius benar-benar hadir, maka penampilan Hellowen akan sempurna karena band yang digawangi Timo Kotipelto, Jens Johansson, Jörg Michael, Lauri Porra dan Matias Kupiainen memainkan power metal dengan pengaruh baroque.

Raja speed metal

Bagi pecinta musik cadas, Helloween adalah raja speed metal yang telah membuktikan kesetiaan mereka sepanjang lebih dari seperempat abad di Hamburgh pada 1984 oleh Kai Hansen (vokal/gitar), Michael Weikath (gitar), Markus Grosskopf (bas) dan Ingo Schwichtenberg (drum)

Dalam waktu singkat mereka telah mendapatkan kontrak dari Noise Records dan merekam dua lagu mereka dalam album kompilasi Death Metal. Dua tembang disumbangkan Helloween yaitu Oernst of Life yang ditulis Weikath dan Metal Invaders karya Hansen.

Pada 1985, Helloween merilis album Helloween yang cukup sukses di pasar musik cadas Eropa bahkan dunia sehingga mulai dilirik para pecinta musik metal dan ramai menjadi bintang panggung

Setahun kemudian, Helloween merilis self-titled EP dengan lima tembang bertajuk Walls of Jericho dan EP Judas (1986) sebagai pemanasan jelang rekaman album pertama mereka. Sekaligus perpisahan pada sang vokalis Kai Hansen.

Apa pasal? Hansen mengaku kerepotan menarik urat suara sembari mengurut senar gitar dengan tempo kencang. Beruntung mereka menemukan vokalis baru Michael Kiske yang masih imut-imut karena saat itu baru berusia 18.

Meski masih muda, Kiske mampu mempetajam taring band asal Jerman tersebut untuk menyelesaikan album Keeper of The Seven Keys, Part 1 yang menjadikan Helloween grup speed metal Eropa yang disegani.

Sempat berganti-ganti formasi, terakhir Helloween tercatat berformasi Andi Deris, Michael Weikath, Sascha Gerstner, Markus Grosskopf, dan Daniel Löble dan merilis album Gambling With The Devil pada 2007.

Belum bosan menghentak pasar, band metal gaek asal Jerman tersebut pada 31 Oktober 2010 meluncurkan album ke-15 yang diberi judul 7 Sinners yang berisi 13 lagu yang lebih bertenaga dan tanpa menghilangkan sisi metalnya.

Menurut Andi Derris dia ingin menonjolkan sisi metal di album ini agar orang tidak mempertanyakannya lagi setelah mereka merilis album akustik Unarmed-Best of 25th Anniversary pada 2009 yang dihujat penggemarnya. Nah, Jakarta are u ready for screaming?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

June 2011
M T W T F S S
« May   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d bloggers like this: