it’s about all word’s

China pursuit as king of yatch

Posted on: January 20, 2012

Memasuki tahun Naga Air 2012, entitas bisnis China mulai melakukan ekspansi dengan menyambar saham milik sejumlah produsen yacht mewah di Eropa yang terbelit masalah keuangan.

Shandong Heavy Industry Group Co Ltd, produsen mesin pelat merah China memulai langkah tersebut dengan menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi 75% saham Ferretti Group, salah satu produsen yacht mewah di dunia.

Shandong Heavy Industry, seperti dikutip dari koran Partai Komunis, People Daily akan menyetor dana senilai 178 juta Euro atau setara US$227,8 juta untuk saham mayoritas tersebut.

Selain itu, Ferretti akan menerima pinjaman senilai 196 juta Euro dari perusahaan yang sejatinya adalah pembuat mesin konstruksi dan pertanian.

Saham akan langsung dimiliki oleh Weichai Holding Group Co Ltd, yang merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Shandong Heavy Industry.

Meski demikian, menurut Tan Xuguang, presiden Shandong Heavy Industry merangkap Presiden Weichai Holding Group Co Ltd, kesepakatan itu masih harus disetujui oleh pengadilan Italia dan akan selesai dalam tiga sampai enam bulan mendatang

Ferretti memiliki sembilan merek kapal pesiar, termasuk Pershing, Riva dan Ferretti Yacht. Kapal-kapal yang dibuat mewah, dihargai paling murah Rp2 miliar hingga Rp5 miliar, namun utang perusahaan yang disetarakan sebagai produsen Ferrari di air tersebut juga sangat besar. Dengan masuknya Shandong, utang Ferretti berkurang dari 685 juta menjadi 116 juta Euro.

Di negara-negara Eropa dan Amerika yang kini melarat, pasar untuk kapal pesiar telah jenuh dan memberikan perusahaan China lebih banyak kesempatan untuk memasuki industri ini.

Mengutip laporan China Cruise dan Asosiasi Industri Yacht, pasar kapal pesiar global, telah menyusut sejak krisis keuangan dunia dimulai pada 2008. Sebaliknya, jumlah yacht yang diimpor oleh China meningkat sebesar 129,64% sejak 2009 sampai 2010

Selama periode yang sama, laba kotor Ferretti anjlok menjadi 510 juta Euro dari 770 juta Euro. Akibatnya pembuat kapal pesiar mewah itu mengalami masalah utang.

Selain Ferretti, pada awal November 2009, produsen kapal pesiar mewah Italia, Dalla Pieta Yacht, dibeli oleh Zhejiang Wantong Aluminium Industrial Co Ltd, yang berbasis di provinsi Zhejiang.

“Kecenderungan membeli merek kapal pesiar asing akan terus berlanjut,” kata Zheng Weihang, Sekjen China Cruise Yacht dan Asosiasi Industri.

Zheng mengatakan beberapa produsen asing baru-baru memohon untuk memberi petunjuk bagi perusahaan-perusahaan China yang mungkin ingin bekerja sama atau bahkan membeli saham mereka.

Meski demikian, Zheng meminta produsen China perlu belajar dari mitra mereka di Eropa dengan memindahkan produksi kapal mewah tersebut ke China. “Bukan hanya menyediakan uang dan pasar kepada mereka.”

Sayangnya, Norberto Ferretti, ketua Grup Ferretti sudah menegaskan tim manajemen Ferretti, kantor pusat dan basis produksi jet mewah di air itu akan dipertahankan di Italia. Sementara yang akan dibangun di China adalah pusat penelitian dan rantai pasokan.

Toh, China tetap akan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut karena Shandong Heavy Industry Group Co Ltd akan memasok suku murah dan berkualitas tinggi untuk basis produksi Ferretti di Eropa.

Meskipun demikian, Ouyang Kun, kepala eksekutif Asosiasi Produk Mewah Dunia (WLA) menyodorkan fakta bahwa sebuah perusahaan China akan menjadi pemegang saham pengendali di Ferretti dan menyumbang komponen murah meriah dalam pembuatan yacht akan mengurangi statusnya sebagai merek mewah..

“Pembeli tentu akan berpikir soal kualitas manufaktur China yang akibatnya mereka mungkin menghindari membeli kapal pesiar jika mereka tahu pemegang saham pengendali adalah sebuah perusahaan China,” ujarnya.

Bisnis mencatat, urusan citra yang anjlok inilah yang membuat raksasa otomotif General Motors membatalkan penjualan saham mobil Hummer kepada perusahaan industri mesin berat asal China, Tengzhong.

Padahal Tengzhong sudah siap menggelontorkan dana senilai US$150 juta atau sekitar Rp1,3 miliar untuk merek Hummer yang tenar sejak perang Irak sebagai high mobility multipurpose wheeled vehicle tangguh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

January 2012
M T W T F S S
« Nov   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: