it’s about all word’s

Shanghai Shenhua owner Zhu Jun

Posted on: January 20, 2012

Dunia sepakbola tahun ini punya ‘orang gila’ baru. Namanya Zhu Jun. Pria kelahiran Shanghai, Oktober 1966 ini adalah pemilik tim sepak bola Shanghai Shenhua. Klub antah berantah yang mengobral duit untuk memborong pemain dan pelatih mahal.

Tim yang punya arti Bunga Shanghai ini boleh saja Anda cibir sebagai anak baru gede. Maklum tim yang tadinya bernama Shanghai FC, baru menjadi klub profesional pada 1993. Alias baru berusia 18 tahun! Jangan bandingkan dengan tim-tim Eropa yang sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun.

Tapi dengan cepat tim ini jadi fenomena karena berhasil mendatangkan Liverpool untuk bertarung di China. Namun yang lebih gila tahun ini menggaet penyerang asal Prancis, Nicolas Sebastien Anelka dengan durasi kontrak dua tahun senilai sekitar 200 ribu poundsterling atau sekitar Rp2,8 miliar per pekan!

Setelah Anelka, Shanghai Shenhua meminang rekan setim Anelka di Chelsea asal Pantai Gading, Didier Drogba. Tak main-main, Drogba disodori kontrak dua setengah tahun dengan bayaran fantastis 300.000 pounds per pekan atau Rp4,2 miliar, termasuk bonus-bonus lainnya.

Zhu Jun sendiri dalam akun Weibo, Twitter versi China berkicau berharap bisa mendapatkan tanda tangan Drogba sebelum tahun baru China alias sebelum 23 Januari, yang kata jubir manajemen Shanghai Shenhua, Ma Yue sulit direalisasikan.

Belum berhenti mengobral uang, Shanghai Shenhua memburu gelandang Real Madrid, Ricardo Kaka yang dibeli Madrid dari AC Milan dengan nilai transfer 59 juta pounds setara Rp 833,1 miliar.

Selain memburu Drogba, menurut jubir klub, Ma Yue, Shenhua mengincar penyerang Australia Joel Griffiths dari Beijing Guoan dan telah berhasil membawa pelatih papan atas Jean Tigana Prancis.

Pendek kata klub yang dua kali menjuarai liga China yang bermarkas di Hongkou Football Stadium itu sedang menggila mewujudkan tim impian bagi Liga China tahun ini. Menjadi pertanyaan kenapa?

Royal untuk tim

Lalu siapa sih Zhu Jun? Jebolan Shanghai Jiaotong University ini pada 1993 hingga 1997 bekerja di Amerika Serikat. Selama empat tahun dia bekerja di bidang perdagangan yaitu QJ Investment, Ltd.

Belakangan pada 1997, dia memilih berdikari dengan mendirikan Flagholder New Technology Co. Ltd, perusahaan teknologi informasi di kampung halamannya dan memulai mendirikan the9.com atau lebih dikenal sebagai The Nine City pada 1999.

the9.com yang menjadi penyalur sejumlah game online laris a.l. Mu Online, World of Warcraft, Joyful Journey West, Guild Wars, Soul of the Ultimate Nation, Granado Espada, Hellgate: London, Huxley, Ragnarok Online 2, FIFA Online 2, Atlantica Online, Free Realms, Planetside Next dan FireFall.

Pada 2006, dari bisnis game tersebut pendapatan Nine City mencapai 126,3 juta dengan pendapatan bersih US$40 juta. Dengan kekayaannya, pada 2006, dia membeli Shanghai United atau Shanghai Liancheng Zobon dari raja properti Wei Ping dari

Setahun berselang, Zhu membeli Shanghai Shenhua, kemudian menyatukan manajemen kedua tim termasuk memindahkan markas Shanghai United di Yuanshen Sports Centre Stadium ke markas Shenhua.

Jelas saja tindakan Zhu ditentang sejumlah pemain, manajemen dan suporter, alhasil mereka mendirikan klub tandingan Shanghai Qunying atau Shanghai Stars yang dimotori lima pemain Shanghai United a.l. Qi Hong dan Jiang Kun.

Tak cukup itu, Zhu juga memecat pelatih Shanghai Shenhua Wu Jingui dan menggantinya dengan pelatih Shanghai United, Osvaldo Gimenez. Belakangan, Wu Jingui kembali ditarik namun kembali dipecat hanya beberapa bulan setelah melatih dan digantikan Jia Xiuquan.

Dengan tim acak-acakan itu, Shanghai Shenhua pada akhir musim 2007 berhasil menempati posisi keempat klasemen akhir, dan pada musim 2008, dengan pemain Du Wei dan Ng Wai Chiu, tim impian Zhu Jun berhasil menjadi runner-up Liga China.

Pada 2009, Zhu Jun kembali berulah dengan menyewa seorang CEO asing dan direktur teknis yaitu Osvaldo Gimenez sebagai CEO dan mantan direktur teknis PSV Eindhoven Stan Valckx. Kebijakan yang mencatatkan mereka sebagai tim pertama di China yang dipimpin bos impor.

Dengan bos-bos impor, Shanghai Shenhua justru melempem. Hanya mampu menempati posisi kelima pada akhir musim kompetisi tahun itu. Tak heran, Zhu Jun kembali merogoh kocek dalam-dalam untuk musim 2010-2011.

Untuk musim itu Shenhua dilatih Miroslav Blazevic, pelatih Bosnia-Kroasia yang sukses membawa Kroasia di posisi ketiga Piala Dunia 1998. Namun saat itu, usia Blazevic sudah 75 tahun.

Pemain Blazevic sendiri cukup mentereng. Pada barisan tukang gedor ada penyerang asal Kamerun Jean Michel N’Lend, penyerang Brazil Vicente de Paula Neto, penyerang Kolombia Duvier Riascos dan penyerang Spanyol Roberto Batres.

Untuk barisan tengah ada pemain timnas Tirai Bambu, Chen Tao. Sementara untuk palang pintu terdapat bek Brazil Aderaldo Ferreira André dan bek timnas Suriah Ali Diab. Semua dibeli dengan harga tak murah.

Toh, pada musim itu prestasi Shanghai Shenhua melempem dan terpuruk posisi 16 klasemen. Tak heran suporter mereka, Lan Mo atau Blue Devils meminya Zhu Jun minggat dari Shanghai. Diusir penggila, pantas jika pemiliknya ikut-ikutan gila.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

January 2012
M T W T F S S
« Nov   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: