it’s about all word’s

Selembar SKBRI yang tak kunjung tuntas

Posted on: January 31, 2012

Judul: Semangat Perjuangan Peranakan Idealis
Merintis jalan menuju kesetaraan dan penyelesaian kewarganegaraan
etnis Tionghoa sejak tahun 1945
Penulis: Prasetyadji
Penerbit: Forum Komunikasi Kesatuan Bangsa
Cetakan: 2012

Tahun baru Imlek 2563 jatuh pada 23 Januari 2012 Masehi. Sudah pasti setiap tahun baru adalah tahun penuh harapan yang disambut penuh kemeriahan. Namun di kemeriahan itu ternyata masih terdapat duka di kalangan warga keturunan Tionghoa.

Momok keturunan Tionghoa sampai saat ini adalah SBKRI atau Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia. SKBRI adalah kartu identitas yang menyatakan pemiliknya warga negara Republik Indonesia keturunan.

Anehnya, SKBRI hanya diwajibkan bagi warga negara Indonesia keturunan Tionghoa. Bukan Arab, India, atau Eropa. Masih kuat dalam ingatan sepotong surat diskriminatif tersebut di masa Orde Baru bisa menjadikan pejabat atau siapa saja yang mengurusnya kaya raya.

Sebaliknya, SKBRI bisa memiskinkan atau bahkan bisa jadi alasan bunuh diri bagi etnis Tionghoa. Mengapa? Karena harga yang harus dibayar untuk surat yang satu ini bisa senilai sebuah mobil mewah.

Untuk mendapatkannya pun sulitnya minta ampun. Orang Tionghoa mati-matian harus memperolehnya sebab surat ini jadi syarat bagi mereka untuk hidup, bahkan untuk masuk ke liang kubur atau liang pembakaran.

SBKRI dibutuhkan semasa hidup untuk sekolah, membuat KTP, membuat akte kelahiran, menikah, ikut pemilu, mengurus paspor, buka usaha, menjadi PNS, menjadi polisi-tentara dan sebagainya. Bahkan ketika ajal lepas dari tubuh, SKBRI pun masih dibutuhkan untuk mengurus surat kematian.

Penulis buku ini, Prasetyadji sebagai aktivis Forum Komunikasi Kesatuan Bangsa menulis buku setebal 226 ini dengan kedalaman yang patut dikagumi. Penulis sangat paham dengan persoalan yang dialami warga keturunan Tionghoa ini.

SKBRI adalah imbas aturan hukum Indonesia yang mengundangkan bahwa Indonesia menganut azas ius soli menyebabkan keturunan Tionghoa dipaksa memilih menjadi warga Indonesia.

Kondisi keturunan Tionghoa semakin sulit pasca pasca peristiwa G30S/PKI pada 30 September 1965, putusnya hubungan dengan Republik Rakyat China, disusul pemaksaan peleburan kebudayaan Tionghoa termasuk pengindonesiaan nama.

Hasilnya adalah generasi Tionghoa dua nama. Kenapa dua nama? Pada Akte Kelahiran tercantum nama asli Tionghoa, sementara di KTP tertulis nama ‘paksaan’ setelah jadi WNI.

Kesengsaraan keturunan Tionghoa bertambah lengkap dengan keluarnya Peraturan Menteri Kehakiman Tahun 1978 yang mewajibkan dimiliki SBKRI bagi etnis Tionghoa.

Alhasil perbedaan nama dan Peraturan Menteri Kehakiman membuat keturunan Tionghoa dua nama setiap kali mengurus perizinan menjadi sapi perahan oknum pemerintah akibat adanya celah SKBRI.

Padahal pada 1983, terbit Kepmen yang menyatakan, SBKRI hanya wajib bagi mereka yang terlanjur mengambil surat pernyataan Dwi Kewarganegaraan kemudian menyatakan keinginan untuk menjadi WNI.

Jadi praktis bagi WNI tunggal dan keturunannya yang telah menyatakan menjadi WNI, serta semua etnis Tionghoa yang lahir setelah 1983 tidak memerlukan SBKRI lagi.

Ditambah pada 1992 terbit Keputusan Menteri Kehakiman yang menegaskan bahwa anak-anak keturunan Tionghoa cukup menyertakan SBKRI orangtua saja sebagai bukti diperkuat terbitnya Keppres tahun 1996 yang menyatakan penyertaan SBKRI sudah tidak diperlukan lagi.

Namun, ketidaktahuan dan ketakutan membuat keturunan Tionghoa masih kerap diperas dan dipingpong jika enggan memberikan uang pelicin bagi oknum pemerintah setiap kali mengurus administrasi.

Terbitnya Undang-Undang Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan RI seharusnya membuat masalah SKBRI tuntas, namun di banyak daerah masih banyak oknum yang memanfaatkan kelemahan masyarakat, belum lagi ditambah banyaknya masyarakat yang tidak memiliki dokumen kewarganegaraan dan kependudukan membuat persoalan SKBRI seperti api dalam sekam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

January 2012
M T W T F S S
« Nov   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: