it’s about all word’s

Tahun Naga saat Windows Phone?

Posted on: January 31, 2012

Sistem operasi untuk telepon seluler Android memang diprediksi akan segera menggeser sistem operasi berbasis Apple iOS dalam pengembangan teknologi smart phone di kawasan Asia-Pasifik. Namun apakah benar Android akan terus berjaya? Ingat saja, di Tahun Naga, Windows Phone akan menggebrak!

Android dikembangkan dari sistem Linux yang didukung Google Inc. dengan membeli Android Inc., dan membentuk Open Handset Alliance bersama konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi a.l. HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Sementara iOS dikembangkan dari sistem Unix bagi perangkat genggam dari Apple seperti iPhone, iPod touch, iPad dan Apple TV.

Apple, Inc, tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain. Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam.

Dalam rilis penelitian lembaga riset Ovum tertanggal 23 Januari 2012, terlihat dalam setahun terakhir dominasi Android, meski sengit bersaing kedua sistem operasi untuk telepon seluler tersebut menjadi pendukung pengembangan teknologi smart phone.

Perkembangan teknologi sistem operasi tersebut dipicu secara siginifikan oleh kehadiran Blackberry OS milik Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk smartphone BlackBerry.

Sistem operasi Blackberry OS menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.

Selain itu, tak bisa dimungkiri kehadiran sistem operasi buatan Windows Microsoft, Windows Phone yang telah digunakan dua vendor handset besar, Nokia dan HTC membuat persaingan antara Android dan iOS semakin sengit.

“Windows Phone menunjukkan bahwa Microsoft telah berhasil meyakinkan bahwa pengembang platform layak sebagai sebuah investasi. Namun, tantangan utama sekarang adalah untuk membujuk konsumen,” ujar Kepala Peneliti Ovum, Adam Leach

Dalam survei tahunan, tercermin perubahan di pasar smartphone yang lebih luas. Pengembang telah cepat menanggapi pentingnya platform smartphone seperti Windows Mobile, Symbian dan WebOS termasuk mencari peluang dari timbul melalui sistem operasi.

Penelitian ini juga menunjukkan menjauhnya teknologi smarhphone dari pendekatan tradisional pengembangan aplikasi mobile seperti Java, Flash, WAP. Sebaliknya, pengembang memfokuskan upaya mereka terhadap standar berbasis web misalnya HTML5.

Namun, lanjut Ovum, meskipun terjadi peningkatan penggunaan pendekatan pemrograman cross-platform, sebagian besar pengembang masih menggunakan saluran distribusi khusus vendor seperti pasar Android untuk menyebarkan aplikasi.

“Karena hal ini dilihat sebagai cara terbaik untuk menjangkau khalayak yang mungkin terbesar untuk aplikasi mereka,” papar Ovum.

Leach menuturkan keberhasilan sebuah sistem operasi smartphone ditentukan tidak hanya oleh ketertarikan konsumen, produsen telepon genggam dan operator seluler tetapi juga manfaat ekonomi dari aplikasi disampaikan oleh pengembang sebagai pihak ketiga.

“Oleh karena itu, penting bagi semua pemain dalam ekosistem smartphone untuk memahami pilihan pengembang yang membuat hari ini dan dampaknya dari pilihan-pilihan system operasi tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya lembaga riset asal Washington, IDC dalam laporannya membuat prediksi berani dengan menyatakan bahwa perangkat berbasis Windows Phone akan mampu meraih peringkat kedua pasar smartphone dunia pada 2015.

Prediksi ini muncul dikarenakan IDC yakin jika kemitraan Nokia dan Microsoft mulus terjalin hal ini akan berhasil dan bisa mengkonversi pengguna smartphone Symbian ke Windows Phone.

Posisi Windows Phone ini hanya berada di bawah Android yang diperkirakan IDC akan terus memimpin, sementara perangkat berbasis iOS akan tergeser ke posisi ketiga diikuti RIM BlackBerry.

Saat ini pangsa Windows Phone dan Windows Mobile terus tergerus, namun IDC mengatakan bahwa hal ini hanya akan terjadi sampai Nokia memperkenalkan smartphone berbasis Windows Phone dalam jumlah besar di tahun ini.

Dengan mengambil asumsi bahwa transisi Nokia ke Windows Phone akan berjalan mulus maka IDC berani memperkirakan bahwa OS mobile buatan Microsoft ini akan meraih 20% pangsa pasar pada 2015, hanya di bawah Android yang meraup sekitar 40% pangsa pasar.

Nasib Windows Phone ini akan berbanding terbalik dengan Symbian. Meski saat ini Symbian masih menguasai sekitar 20% pangsa pasar smartphone namun IDC memprediksikan bahwa tiga tahun dari sekarang hanya ada 0,2% smartphone berbasis Symbian yang masih digunakan.

RIM BackBerry OS sementara itu masih tetap bertahan dengan pangsa sekitar 14% sedangkan iOS akan menurun menjadi sekitar 16% meski volume penjualannya tetap meningkat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

January 2012
M T W T F S S
« Nov   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: