it’s about all word’s

Putin: Kemuliaan bagi Rusia

Posted on: March 6, 2012

“The boys are back in town!” demikian kata Phil Lynott, vokalis Thin Lizzy mungkin tepat untuk menggambarkan kemenangan sementara Vladimir Putin dalam pemilu presiden Federasi Rusia yang digelar Minggu (4 Maret 2012).

Tidak percuma juga jika dia memiliki jejak panjang sebagai seorang intel Rusia. Perhitungannya matang dan selalu untuk jangka panjang. Kali ini perhitungannya tepat. Hasilnya, Putin bakal kembali ke Kremlin.

Seperti dikutip dari Moskow Times hari ini (5 Maret 2012) Vladimir Vladimirovich Putin akhirnya berhasil memenangkan pemilu di Rusia. Putin akan kembali duduk sebagai presiden negera tersebut dengan kemenangan lebih dari 61%.

Jalan menuju Kremlin terbentang lebar. Kerikil tudingan berbuat curang rasanya bukan suatu masalah. Hingga kemarin malam, dukungan warga Rusia untuk Putin mencapai 58%, pemilih tertinggi—sungguh mengejutkan–justru berasal dari Chechnya yang mencapai 94%.

“Saya berjanji kami akan menang Kami telah memenangkan.. Kemuliaan bagi Rusia. Kami menang dalam perjuangan terbuka dan adil,” kata Putin di depan ribuan pendukungnya di Manezh Square, Minggu malam atau tadi subuh.

Partai Komunis Gennady Zyuganov ada di urutan kedua dengan 17,8%, diikuti oleh Demokrat Liberal Vladimir Zhirinovsky dengan 8%. Miliarder Mikhail Prokhorov (7,5%), sedangkan Sergei Mironov dengan 3,67%.

Meski menang, hasil yang dicapai adalah penurunan dukungan yang signifikan. Jika pada pemilu 2004 yang mengantarkannya ke masa jabatan kedua Presiden, dia sanggup meraup 71%.

Namun pencapaian pemilu kali ini tetap lebih tinggi ketika dia terpilih pertama kali sebagai presiden 26 Maret 2000, Putin mendapatkan suara 52.94%.

Menyambut pendukungnya, Putin mengenakan mantel hitam panjang didampingi istrinya Lyudmila—yang memberinya dua putrid Katya dan Masha–yang belum pernah terlihat di depan umum di hampir 18 bulan, Putin mencoblos TPS Akademi Ilmu Pengetahuan, Moskow

“Saya harus tidur nyenyak, melakukan beberapa olahraga dan kemudian datang ke sini,” kata Putin kepada wartawan sebelum memasukkan suaranya.

Sayang, dia harus buru-buru kabur dari TPS. Tiga aktivis dari Femen, kelompok perempuan Ukraina berlari tanpa penutup dada mencoba untuk mencuri kotak suara.

Mereka diseret oleh keamanan saat mereka berteriak “Putin adalah pencuri!” Satu telah “Mencuri untuk Putin” dilukis di dada telanjang mereka.

Jalan kemenangan Putin tak mulus-mulus amat. Laporan pelanggaran tersebar sepanjang hari, dibantu oleh jaringan sosial dan hampir 200.000 kamera web, yang dipasang di pasang di sebagian besar negara itu 90.000 stasiun pemungutan suara.

Menghadapi tudingan ini pendukung Putin membantah keras. “Ini adalah pemilu paling bersih di seluruh sejarah Rusia,” kata kepala kampanye Putin Stanislav Govorukhin.

Tapi pada Sabtu malam (3/3), ketika kamera mulai memancarkan transmisi, blogger menemukan surat suara sudah ada di dalam sebuah kotak suara transparan di wilayah Chelyabinsk sebelum pemungutan suara telah dimulai.

Di sebuah stasiun pemungutan suara di pedesaan Dagestan, kamera web menunjukkan seorang pria mengisi mesin suara dengan surat suara ganda.

Komisi Pemilihan Pusat Rusia juga mengatakan hasil di desa Tarumovka tidak sah, seperti dilaporkan Interfax.

Banyak juga laporan menyatakan bahwa puluhan orang telah diangkut dengan bis ke beberapa tempat pemungutan suara. Jurnalis Moskow Times melihat rombongan itu muncul dengan bis ke TPS di beberapa kota barat laut kabupaten Kurkino.

Sementara di Balashikha, tujuh kilometer sebelah timur Moskow, polisi menahan seorang pemuda tertangkap tangan membuang tumpukan surat suara ke dalam kotak di TPS No 25.

Anggota komisi komunis Vladimir Prokopenko menunjukkan video kepada Moskow Times kejadian tersebut. Anehnya, menurut Prokopenko, kata ketua komisi KPU menolak menandatangani keluhannya.

Sejumlah catatan terus berdatangan membuat sah tidaknya kemenangan Putin semakin kuat. Tokoh oposisi terkemuka Alexei Navalny mencatat laporan lebih dari 6.000 pelanggaran .

Sementara sebuah situs web yang mengumpulkan informasi tentang pelanggaran mengatakan pada Minggu malam (4/3) bahwa mereka telah menerima lebih dari 4.500 laporan.

Toh, massa pro-Putin telah mulai berkumpul di luar Kremlin beberapa jam sebelum hasil pengumuman pemungutan suara. Puluhan ribu, lambaian bendera Rusia dan lencana biru bertuliskan “V,” menguasai Manezh Square dan Lubyanskaya Ploshchad.

Putin kemudian muncul didampingi Presiden Dmitry Medvedev di sisinya. Penampilan mereka itu mengingatkan penampilan keduanya yang mengejutkan di Lapangan Merah pada malam pemilihan Medvedev pada 2008.

Penampilan yang disebut sebagai sebuah kelicinan Putin karena sebelum tampil bersama Medvedev, Putin berhasil memuluskan Parlemen meneken amandemen konstitusi yang memperpanjang jabatan presiden dari empat tahun menjadi enam tahun. Kenapa mulus? Partai Rusia Bersatu menguasai 70% kursi di parlemen Rusia.

Mulus menempatkan Medvedev sebagai Presiden dan meraih posisi Perdana Menteri, Putin pada September 2011 berhasil memaksa kongres Partai Rusia Bersatu menyetujui tukar tempat antara dirinya dan Medvedev dalam Pemilu tahun ini.

Jika kini pria kelahiran Leningrad, 7 Oktober 1952 itu kembali menang. Ini adalah buah strategi jangka panjang yang mulus diterapkan dengan konsistensi dan tim yang luar biasa kompak.

Pria yang pernah menjadi hantu bagi dinas rahasia Jerman Timur (STASI) ini diakui pemimpin Rusia jempolan oleh seniornya, Boris Yeltsin dan Mikhail Gorbachev bahkan tetangganya mantan presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Selamat Putin!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

March 2012
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: