it’s about all word’s

Gatotkaca yang berjuang melawan gizi buruk

Posted on: April 10, 2012

Raden Gatotkaca adalah putera Raden Wrekudara yang kedua. Ibunya seorang putri raksasa bernama Dewi Arimbi di Pringgandani. Geraknya cepat, lakunya lincah, kesaktian Gatotkaca tiada tara didukung sikap tulus seorang ksatria.

Semangat Gatotkaca sebagai pejuang keadilan menginspirasi empat anak muda yang terdiri dari Dody Qori Utama, Kania Audrint, Anggunmeka Luhur Prasasti dan Arganka Yahya yang dahulu bersama-sama menuntut ilmu di Institut Teknologi Telkom Bandung untuk menjawab persoalan bangsa.

Keempat anak muda itu tersentil oleh masalah gizi buruk yang banyak terjadi di Indonesia, dimana menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hingga tahun lalu ada sekitar 900 ribu balita di Indonesia menderita gizi buruk.

Sementara menurut badan kesehatan PBB, Unicef terdapat 7,8 juta anak-anak terhambat pertumbuhannya akibat gizi buruk sehingga menempatkan Indonesia di peringkat 5 gizi terburuk di dunia setelah China, India, Nigeria, dan Pakistan.

“Kami kemudian sepakat untuk membuat aplikasi mobile berbasis smartphone yang bisa bermanfaat untuk mengurangi tingkat gizi buruk di Indonesia,” jelas Kania mewakili tim Gatotkaca.

Aplikasi yang diberi nama “Childhood” adalah aplikasi mobile yang dikembangkan untuk membimbing ibu dalam mengasuh anak-anak mereka pada usia 0-5 tahun. Aplikasi “Childhood” bisa dijalankan di berbagai perangkat smartphone dari berbagai macam sistem operasi, seperti windows phone 7, android, symbian, java dan perangkat mobile yang lainnya.

Fleksibilitas tersebut membuat aplikasi Childhood mudah untuk digunakan kapan saja dan di mana saja. Hal tersebut mungkin untuk diimplementasikan dengan cara ini karena aplikasi “Childhood” menggunakan layanan cloud windows azure dan sms gateway.

Kania mewakili tim Gatotkaca menjelaskan bahwa orang tua yang menggunakan aplikasi ini akan mendapatkan berbagai macam informasi tentang anak-anak mereka. Informasi ini terdiri dari status gizi anak, pertumbuhan fisik anak, jadual vaksinasi anak.

Selain itu, “Childhood” juga menginformasikan makanan yang tidak aman untuk anak-anak berdasarkan umur mereka, dan juga tips dan trik untuk mendapatkan pertumbuhan anak yang optimal yang didapat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan panduan MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sehat) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang dijadikan rujukan bagi para bidan di Indonesia.

Tim Gatotkaca merancang “Childhood” memiliki 10 menu utama ya.l. Nutritional Status, untuk mengetahui status gizi balita, sudah cukup atau belum cukup kebutuhan gizinya berdasarkan berat badan, tinggi badan, jenis kelamin dan umur.

Kemudian Physical Growth, untuk mengetahui sudah sejauh mana tumbuh kembang balita, sesuai dengan berat badan, tinggi badan, jenis kelamin dan umur dan Vaccine, sebagai pengingat bagi orang tua balita jenis dan jadwal vaksinasi untuk balita mereka.

Lalu Nutritional Calculator, untuk mengetahui kebutuhan kalori balita sehingga bisa dibuat komposisi asupan makanan yang tepat bagi balita sesuai dengan berat badan, tinggi badan, jenis kelamin dan umur dan Self Diagnostic Tool, untuk mengetahui penyakit balita berdasarkan gejala dini yang dialami sehingga orang tua bisa memberikan pertolongan pertama yang tepat pada balitanya yang sedang sakit

Schleric Conjunctiva, menu ini sebagai deteksi awal terhadap penyakit yang bisa diderita balita seperti TBC, Anemia, Liver, dan tekanan darah tinggi berdasarkan bagian putih mata dimana bagian putih mata difoto dan dilakukan image processing sehingga bisa didapatkan informasi tentang penyakit balita

Disease Alert, menu ini berfungsi untuk mengetahui ancaman epidemic disease suatu daerah berdasarkan kombinasi dari koordinat data GPS (GPS device), iklim, suhu, dan data penyakit dari lokasi geografis daerah tersebut.

Ferning Saliva Test, untuk mengetahui apakah balita sedang mengalami dehidrasi berdasarkan jenis air liurnya. Prosesnya adalah air liur balita ditaruh di cawan berwarna gelap kemudian difoto dan dilakukan image processing sehingga bisa didapatkan status dehidrasi pada balita tersebut. Fungsi ini juga bisa untuk mengetahui kondisi kesuburan sang ibu.

Food Alert, untuk mengetahui jenis makanan apa yang tidak diperbolehkan dikonsumsi pada usia tertentu balita dan Tips and Trick, menu terakhir ini sifatnya lebih kepada ensiklopedia untuk member informasi kepada orang tua apa yang dibutuhkan oleh balita mereka.

Oleh tim Gatotkaca, “Childhood” diikutsertakan dalam kompetisi Imagine Cup pada 2011 lalu. Imagine Cup sendiri adalah kompetisi tahunan terbesar di bidang Teknologi Informasi yang diselenggarakan oleh Microsoft sejak satu dekade terakhir. Kompetisi ini mengajak seluruh pelajar di dunia untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan dunia.

Bisa diduga, tim Gatotkaca berhasil menjadi juara pertama dalam Imagine Cup 2011 tingkat nasional dan berhak mewakili Indonesia dalam Imagine Cup 2011 tingkat global yang berlangsung di New York, Amerika Serikat Juli tahun lalu.

Sayang, Gatotkaca gagal menjadi yang terbaik di tingkat global tersebut, namun keempat remaja tersebut mengaku memperoleh banyak pengalaman yang tidak ternilai. “Kami bisa merasakan atmosfer kompetisi teknologi informasi tingkat dunia, dan juga bisa memperluas jaringan dari berbagai negara di dunia, serta bisa bertukar dan berbagi informasi antar peserta.”

Gagal tapi sukses

Gagal di tingkat dunia, Gatotkaca tetap dipuja di dalam negeri. Mereka banyak mendapatkan tawaran di dalam negeri baik dari pihak pemerintah maupun swasta untuk mengembangkan aplikasi “Childhood” lebih lanjut.

Mereka juga sempat mempresentasikan hasil karya mereka dalam Rapat Koordinasi Nasional Ikatan Bidan Indonesia di Solo dan mendapat sambutan yang sangat antusias karena memang dibutuhkan sekali untuk membantu pekerjaan seorang bidan.

“Saat ini kami tengah melakukan negoisasi dengan salah satu perusaahan swasta untuk mengembangkan aplikasi “Childhood”. Kami berharap agar aplikasi ini bisa segera digunakan di seluruh Indonesia karena akan banyak balita yang diselamatkan dan tidak mengalami gizi buruk,” tegas Kania.

Menurut Julius Fenata, Developer & Platform Evangelist PT Microsoft Indonesia, aplikasi “Childhood” merupakan hasil karya orisinal tim Gatotkaca, dan membuat mereka menjadi juara Indonesia Final sehingga beroleh kesempatan untuk ikut berkompetisi di Worldwide Final Imagine Cup 2011.

“Aplikasi yang mereka buat secara solusi dan teknologi boleh dibilang paling mumpuni untuk menang dari rekan-rekan senegaranya, dan layak untuk dibawa sebagai solusi untuk permasalahan global. Kami sendiri melihat solusi yang dibawa cukup solid dari sisi teknologi dan memiliki relevansi tinggi sebagai aplikasi yang mampu dibawa untuk mengatasi permasalahan yang muncul di masyarakat, dan memiliki level manfaat yang cukup tinggi untuk kepentingan masyarakat luas,” papar Julius.

Sebagai proyek idealis, Microsoft menegaskan walaupun solusi tim Gatotkaca dirancang untuk mendukung bermacam platform, namun Microsoft berharap para mahasiswa untuk berkreasi dengan teknologi yang dibuat oleh Microsoft.

“Hasil karya pemenang akan selalu menjadi hak milik intelektual dari tim yang bersangkutan, Microsoft menghargai hak atas kekayaan intelektual mereka dan mendorong upaya mereka untuk dapat mewujudkan solusi mereka,” tambah Julius.

“Kami cukup salut dengan Tim Gatotkaca, karena mereka telah membuktikan sendiri, dimana pada tahun ini mereka sedang melakukan kerjasama dengan salah satu perusahaan swasta untuk mengembangkan produk mereka secara massal,” tutur Julius.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

April 2012
M T W T F S S
« Mar   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: