it’s about all word’s

Lepas dari jerat kemiskinan dengan Credit Union

Posted on: August 7, 2012

Judul: Credit Union: Kendaraan Menuju Kemakmuran Praktik Bisnis Sosial Model Indonesia
Editor : A.M. Lilik Agung
Penerbit: Elex Media Komputindo
Terbit: Mei 2012
Tebal: 280 halaman

Jujur harus saya akui diksi Credit Union (CU) baru saya kenal dari seorang rohaniawan Katolik, Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo. Belakangan saya baru tahu entitas credit union adalah koperasi kredit. Lalu apa bedanya dengan koperasi?

Setidaknya pertanyaan mendasart itu bisa dengan tuntas dijawab melalui buku setebal 280 halaman ini yang patut dipuji cukup mendalam namun ringan dan bervariasi karena ditulis oleh praktisi dunia CU.

Para penulis tersebut a.l Munaldus (Penggagas, pendiri dan Ketua CU.Keling Kumang & Ketua Pusat Koperasi Kredit Khatulistiwa, Pontianak), Yuspita Karlena (Manager Pusat Koperasi Kredit Khatulistiwa, Pontianak), Yohanes RJ (General Manager CU.Keling Kumang), B.Hendi Candra (General Manager CU. Semandang Jaya) dan Saniansah (General Manager CU.Banuri Harapan Kita).

Dalam buku ini, dipaparkan sejarah dan diferensiasi antara CU dan koperasi. Bahwa kedua entitas sekilas sama bahwa bernaung di bawah naungan Undang – Undang Perkoperasian UU No. 12/1967.

Namun jika lebih ditelaah CU yang dibawa dari Jerman ini adalah lembaga keuangan dengan semangat koperasi dan dikelola dengan sistem seperti bank. Dengan semangat koperasi, CU adalah entitas yang bersifat egaliter.

Karena egaliter, CU adalah lembaga usaha bersama di bidang keuangan yang dimiliki dan dikendalikan oleh semua anggotanya dengan tujuan untuk membantu para anggota mengelola uang mereka, melayani kredit dengan bunga yang terjangkau dan memberikan pelayanan bidang keuangan yang lainnya kepada para anggota dan masyarakat.

CU adalah lembaga keuangan yang mendasarkan pengelolaan bisnisnya pada nilai-nilai pemberdayaan ekonomi yang sangat cocok untuk mengangkat ekonomi rakyat.

Sebagai lembaga yang terbuka, kebijakan lembaga CU dibuat, dilaksanakan dan dikontrol dengan sangat terbuka dan demokratis oleh anggota. Tujuan utama dari seluruh proses pengelolaan Credit Union adalah untuk kesejahteraan anggota.

Dengan pola ini CU memiliki kemampuan mengubah pola pikir anggotanya. Dari yang terbiasa langsung memanfaatkan uang saat mendapat pinjaman, menjadi menciptakan modal dahulu dengan menabung secara rutin. Jika telah tercipta modal atau tabungan, baru memanfaatkan atau meminjam.

Dengan tipe organisasi yang sama rata, CU juga dapat mengubah kebiasaan seseorang dari tidak biasa menabung menjadi biasa menabung. Anggota CU selalu mempunyai uang dalam bentuk tabungan yang terus meningkat, dan selalu bisa memanfaatkan tabungan untuk meningkatkan jumlah untuk menciptakan asset yang bisa diputar sebagai modal.

Beragamnya penulis berhasil dirangkum editor A.M. Lilik Agung untuk menjadikan buku ini menjadi sebagai pustaka yang mengupas tentang credit unions mulai dari definisi, sejarah, filosofi, bahkan visi dan misinya.

Buku ini tidak hanya bisa ditujukan oleh para pengguna dengan menjabarkan tujuan credit unions dan apa yang bisa diperoleh jika bergabung dengannya, tetapi juga bisa digunakan oleh para pengurus dan pengawas karena di dalamnya membahas ciri-ciri credit unions yang sehat dan bagaimana mengelolanya dengan benar.

Dalam buku ini jelas dihadirkan sejumlah bukti nyata bahwa credit unions mampu memajukan komunitas masyarakat, baik secara sosial maupun ekonomi. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa credit unions bisa jadi kendaraan untuk kemakmuran rakyat.

1 Response to "Lepas dari jerat kemiskinan dengan Credit Union"

kalau mau beli buku ini dimana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

August 2012
M T W T F S S
« Jun   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: