it’s about all word’s

Mengenal cara berbisnis China

Posted on: May 27, 2008

Judul: The Chinese Tao of Business
Rahasia Kesuksesan dan Keunggulan Strategi Bisnis Pengusaha Cina
Penulis: George T. Haley, Usha CV Haley dan Chin Tiong Tan
Terbitan: PT Mizan Publika, Februari 2008
Tebal: 434 Halaman

Bagi saya buku tentang filsafat bisnis ala Tao ini terasa menarik usai melahap strategi perang ala Sun Tzu. Maklum saja Sun Tzu adalah penganut ajaran Tao yang menitikberatkan pada asas keseimbangan Yin dan Yang.

Pendiri ajaran Tao adalah Lao Tsu (lahir 604 sebelum Masehi) kemudian dilanjutkan ‘Chuang Tzu’. Ajaran Taoisme bisa ditemukan dalam buku Tao Teh Ching,, Chuang-Tzu, Huai-nan-tzu dan Lieh-tzu.

Trio penulis George T. Haley, Usha CV Haley dan Chin Tiong Tan mencoba mengintip rahasia kesuksesan bisnis pengusaha Tionghoa yang terbukti andal berkat prinsip kesimbangan tersebut.

Namun ketiga penulis tak langsung menukik pada prinsip Tao dan justru mengajak pembaca berpetualang dalam alam pikiran Tionghoa seperti Konfusius, Lao Tsu, Meng-tzu, Mo Tzu, Yang Chu hingga Siddharta Budha Gautama.

Inti dari penjejahan tersebut adalah ajaran Tao berlandaskan pada prinsip alamiah, harmonis dan selaras mengikuti kodrat alam. Ajaran ini berkembang dan menyatu dengan kehidupan dan budaya Tionghoa sehingga mempengaruhi pola pikir, kesenian dan ilmu tradisional Tionghoa.

Tak berhenti di situ, ketiga penulis membawa pembaca lebih jauh lagi pada pemikiran reformis Tionghoa modern a.l Hong Xiuquan, Kang Youwei, Chen Duxiu, Dr. Sun Yat-sen dan tentu saja Mao Zedong.

Dengan mengajak pembaca menelusuri pemikiran yang berkembang di China maka asumsi sistem bisnis masyarakat Tionghoa yang berbeda dengan cara-cara Barat akan lebih mudah terbayang.

Masyarakat Barat justru akan mengerti mengapa pebisnis China tak memperdulikan banyak persoalan aturan-aturan ala Barat yang mengikat seperti hak kekayaan intelektual dan sistem perburuhan yang ruwet.

Singkat kata, dalam buku setebal 434 halaman ini penulis ingin menekankan jika ‘ ingin berbisnis dengan masyarakat Tionghoa cobalah cara dan falsafat berbisnis ala Tionghoa’.

Bak prinsip perang Sun Tzu. Kenalilah musuhmu. Jika ingin menaklukkan medan perang bisnis China pelajarilah budayanya. Jika dilihat dalam persepektif Yin dan Yang. Dengan mempelajari buku ini, pebisnis diajak mencari unsur kesimbangan.

Harus diakui energi ketiga penulis ini cukup besar dalam penyusunan buku ini karena selain melakukan riset pustaka juga melakukan sejumlah wawancara mendalam dengan eksekutif.

Dari sejumlah wawancara itu terlihat bagaimana langkah yang diambil para pebisnis untuk bertahan di tengah sengitnya bisnis di daratan China. Bak dunia persilatan, para eksekutif itu harus selalu mengasah ilmu.

Hanya saja untuk bisa berbisnis dengan sukses diperlukan keberanian untuk memulai bisnis. Ada sebuah tamsil dalam ajaran Tao yang berbunyi “Kita tidak akan bisa mengerti rasa manis dari sebutir gula hanya dengan membaca sebuah buku yang bercerita tentang gula.” Selamat memulai berbisnis.

About these ads

54 Responses to "Mengenal cara berbisnis China"

memang dalam berbisnis harus mempunyai keselarasan,

bagaimana bisa berbisnis jika internal dalam rumah tangga saja belum bisa selaras.

haloo……
nama saya andri asal dari cirebon …mau menanyakan gimana seh caranya untuk berbisnis …saya belum pernah berbisnis yang baik itu bagaimana…..dan bisnis apa yah yang tidak mengeluarkan modal besar…mohon pemasukannya

salam kenal

andri

hai sdra andri sya tau apa yg sdang anda cari.slm knl dari ande,disni ande ingin sekali membantu ana.untuk memper temukan jln keluarnya.jika anda mau sya akan britau cranya.kalo boleh sya nmta alamt email anda biar sya langsung bri tau caranya.atau biar lebih jelasnya anda bisa menghubungi sya di 081276200881.trima ksh smoga anda bsa mnuju sukses.slm ande

hii all.. gw mau dunk masukan dari kalian.. gw mau berbisnis sarung laptop..gimana caranya agar banyak yang tau klo aq pengusaha itu.. dan bagaimana biar gga abis dimakan zaman.. plis repl ke email gw yah… fickaradjah@gmail.com makasih banyak teman.. lope yu poll

bagus tuh kayaknya, sebenernya saya mau memulai berbisnis tapi itulah yang buat saya ragu untuk melangkah, dan sekarang saya sudah dapat teman untuk berbisnis, juga masih ada halangan, yaitu pada diriku sendiri, gak pede gitu. tapi harus ku paksakan dan mencoba memakan gula

bagai mana cara memjalankan bisnis yang baik dan benar?

Setiap pekerjaan pasti ada resikonya

halo na mw tau bisnis dari kecil supa gedenya berkembang apa ya

Assalam. Tahun ini mau bisnis internet. Doakan saya ya. Tulisan anda sangat bermanfaat bagi saya.Thanks.Wassalam.

sama-sama…saya mo buka tambal ban aja masih belum berani…ternyata di zona nyaman memang melenakan…Keberanian Anda sangat menginspirasi saya

Mau buka usaha ayam goreng bakar ah biar ada bisnis…..
Suksesssssssssss buat artikel ini

aq dr KciL plinG skA brbisniS……

tp biSniS pa y…..yg tkd brmOdAl maTeRI….

hm…..hm….hmhmhmmmmmm

aq hrap da yg mu mngajArI aq BrBiSnIs……..

PLEASE…..banTu Aq……

yang enak bisnis apa ya, aku sendiri pusing mikirinnya sampai aku belum nikah

ada ga ya mengajak aku berbisnis dan mengajarinya dengan senang hati dan tampah pamrih

berbisnis memang memerlukan biaya yang cukup, dan keberanian dalam mengambil resiko.

bagaimana cara berbisnis yang baik dan bisa menarik konsumen, tolong trik & tipnya diulas lebih dalam sehingga pembaca mengerti

emang susah berbisnis. tp kl saya lbh susah memerangi diri sndr dr rasa takut gagal/ rugi. pdhal itu wajar dlm berbisnis ya kan.

hi temen2x Gmn sih Cara berbisnis??
ada g masukan buat aq bisnis apa Y??

Kl ada tolonk dong email
ke Zhafarudin@gmail.com

Terima Kasih Masukannya

Zhafarudin Ahmad

bagaimana berbisnis yang tepat dan selaras sic ???

Sebelumnya salam kenal bang !!, Saya ingin sekali berbisnis cuma saya belum tahu cara berbisnis yang nantinya menguntung kan bagi saya, Saya ingin minta sedikit ilmunya, Dan seperti apa jiwa bisnis itu ? Terima kasih

Yth, teman2 semua ….
saya sangat tertarik untuk menjadi pengusaha dan ingin mendarmabaktikan untuk kepentingan sosial …
Saya ingin berguru dengan siapa saja, siapa tahu ada peluang yang dapat diberdayakan.
Semoga teman2 di sini dapat saling tukar pengalaman agar kita dapat memperkaya dan mempertajam insting bisnis ( seperti mas Ande …)

email : yosaphatsn@yahoo.com

Terima kasih.

top 1 dengan tag cara berbisnis

tolong ajari saya tentang bagaimana cara bisnis yang baik yang dapat menyukseskan seperti Pak BOB dan para pembisnis yang lainnya

tolong ajari saya tentang bagaimana cara bisnis yang baik yang dapat menyukseskan seperti Pak BOB dan para pembisnis yang lainnya.saya baru duduk di SMA kelas xI

maaf neh,gmana caranya berbisnis yang menguntungkan

klo bagi saya cara mensukseskan bisnis di didunia bisnis yang banyak saingannya yaitu bagaimana kita membuat keunikan terhadap bisnis kita dari saingan saingan bisnis.

Cukup pusing nih.

Gw punya usaha kecli2n fashion bisnis,tp gw mo ngembangkan usahaku yang lebih bsar ini,gmn caranya?

Gw ad usha kecil2n jual pulsa,gmn cra biar usaha gw mju?tks

Ah gwe jg pusing mkrin bisnis, sampek-sampek tk belain ke luar negeri tuk cari modal,,susah bgt se mau jadi orang cukup aj..,
eits jangan salah,,cukup segala-galanya mksudnya

doain ya aku mau usaha kecil2an, aku mau buka kios. semoga aja brrjalan baik, amin……..

doain ya aku mau usaha kecil2an, aku mau buka kios. semoga aja usaha ini berjalan lancar, amin….

gni bang ande,saya kn dh mulai berbisnis buah dingin.tp yg jd penghalang dn maslh saya sekarang.yg ngedorong grobagnya tu g ad.td nya ad 2 orang tp sekrng mrka ga mau lg dg bermacm alasan.terus pa lo dagang buah dingin tu prospek,gmn crnya spy usha sya bsa berkembang.soalnya sekrng sya sedang mengalami kebimbangan,mu ditrusin ushnya pa udahan j.pa skrng grobagnya disewain ja ya.tp bingung saya.mohon penjelasannya.makasih

cibai

ooo
_
nl ln

Ass,mas ande,,ada niat mau berbisnis,tapi yang ada niat2 aja…ga pernah terealisasi…bagaimana cara memulai bisnis?

Hallo all..
Saya sudah pernah menjalani berbagai bisnis di antaranya fashion,sepatu,furniture,.Tapi masih blum bisa membuat saya makin membaik,,
saya mau tau bagaimana caranya agar usaha saya dapat berkembang dengan baik..

asslmkum. Salam kenal semua. Saya ada managemen bisnis warnet. Silahkan lihat di http://www.soeranto.wen.ru siapa tau ada yang mau jadi investor atau stidaknya bisa bermanfaat untuk tmen2 smua.

slm ini saya bingung ingin mencr uang tambahan. udamodal kagak ada eh… malah terikat ama kerjaan!!!! gmn solusinnya????

Halo bang! Sy mau berbisnis tapi g tau mau bisnis apa n cara menjalankannya gmana apalagi dgn modal yg tk terlalu besar, mohon bantuanx, thanks. Agus.

hai sobat semua aku se orang kryawan swasta tp jiwa saya ada d bisnis rencana sich mau buka toko buku tolong dong masukan nya ???salam sukses

pengen jadi orang sukses tu susah ea

january depan aq mau buka usaha counter hp,plus asesorisx,.
Minta do ax kwan2,.
Biar slalu lancar,.murah rezeki,.
Salam kenal

mas,,gmn sih cara memulai bisnis??aq masih blom pnya pengalaman,,,,dan sekrng lgi kumpul modal ut mulai bisnis,,,,,
slm knl mas,,

Salam kenal, saya ingin sekali belajar bisnis Bang, tempo hari ada teman saya mau mendirikan server pulsa dan minta dicarikan penjual software pulsa+peralatan berhubung saya ada kenalan programer saya langsung dapat info hrg, kemudian saya menanyakan keteman saya “apakah kamu sudah survei hrg & dapat hrg yg termurah brp,spesifikasi komputernya apa?” teman saya tidak mau memberitau hrgnya alasannya rahasia, saya bingung Bang. apakah cara saya ini salah dalam berbisnis & kalau salah mohon solusinya?

girazht2@gmail.com

ass.saya mulyadi saya ingin taw lebih banyak tentang berbisni yg benar and menguntungkan bgi di sendiri…….?
saya kan sekarang jaga warnet tpi saya lgi kumplin duit buat bka conter HP apa bisnis ini bisa menguntung kan….?
tolong masukan’y thanks

saya dalam melaksanakan bisnis selalu gagal di tengah jalan,…….
saya mau minta sarannya dong,..
please reply

aku sudah banyak melakukan bisnis,..dari buka conter,usaha ternak ikan patin,..lumayan besar modal yang aku keluarkan,..
cocoknya aku bisnis apa yach?????
please reply

bisnies memang agak susa,krena kegiatan tersebut sangat membutukan beberapa pengorbanan yang sering tk akmi duga,,tp jgn perna mengeluh jika bnyak pengorbanan yang anda sempat keluarkan karena,segalah sesuatu yang kami harapkan,,sangat membutukan pengorbanan,,,yaitu sebagai,,,pengorbanan modal,pikiran,,tenaga,moral dan sebagian yang sangat beharga di dalam hidup kita,,,,?

jangan perna ragu dalam berbisnis karena pasti ada jalan keluarnya,,jadi lebih baiknya di coba dulu,,low memang ud gak bisa bru kami ganti jenis kegiatan bisnis yang lain…gtuu ajjjaa deee,,,yahhh sambil belajarrr lahh,,,,,,,!!!

assalam.. Nma sya yogi ,sya ingin mngetahui cra berbsnis dngan modal yang kecil dan mendapat hasil yang besar …
Mohon pmberitahuannya…

semua orang china memang berbakat dan mereka tak pantang menyerah, etnis china adalah etnis dg jumlah terbesar di dunia, mereka menguasai seluruh sektor usaha, jarang dari orang china yang menjadi pegawai apalagi PNS, mereka lebih suka berdagang dan mereka sangat disiplin dalam mengelola keuangan mereka, sangat beda sekali dengan orang2 Indonesia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

May 2008
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: